Tips Menentukan Harga Desain

Menentukan harga sebuah desain adalah sebuah issue yang selalu menarik bagi seorang desainer, utamanya seorang freelance desainer.  Memasang tarif desain layaknya sebuah studio atau perusahaan seringkali pelanggan keberatan, “kok mahal bener ya”. Sebalilknya ketika memberi tarif murah/hemat justru desainernya yang kedodoran. Kadang customer tidak mau tahu, bahwa proses kreatif itu selain memakan waktu  juga melelahkan karena menguras fikiran.

Iseng-iseng saat searching eh nemu sebuah tulisan menarik  tentang tips menentukan harga sebuah desain  di blognya :

https://donnyrahman.wordpress.com

berikut isi artikelnya :

Diskusi Harga Desain

 

Dalam pengalaman saya sebagai freelance designer harga desain adalah satu-satunya variable yang sangat sulit untuk ditentukan. Kalo saya patok terlalu tinggi klien bisa pergi mencari desainer lain, kalo terlalu rendah klien senang tapi saya merasa terjebak dalam kontrak kerja ujung-ujungnya kerja gak ikhlas 😦
Dalam penetapan harga desain ada satu hal yang harus diperhatikan yaitu jujur pada diri sendiri. Layakkah desain saya dihargai sebesar ini? untuk memahami “kelayakan anda” anda bisa melihat hasil-hasil karya desainer lain, tukar informasi dengan teman sesama desainer dan biasanya untuk bisa menetapkan harga desain saya buka forum-forum diskusi yang membahas mengenai harga desain.

Berikut beberapa cuplikan diskusi yang saya dapat dari kaskus.com untuk anda sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan harga desain anda.

– kalo design kaos dapet bayaran berapa ya?
buat pemula 50rb/desain, kalo dah lumayan minimal 300rb ato lebih

– klo buat brosur mah paling klo gau paling tinggi nyampe 500rb per desain + 3 alternatif.

– maskot gue bisa kasih ampe 3,5 jutaan

– brosur menurut gue 500 rb itu standar kalo bisa charge ampe 750 ampe 1 juta juga oke

– biar gak rugi kalo mau design brosur gitu chargenya per halaman bos
misal 1 halaman 350 ribu berarti kalo bolak balikyah bayar 600 rb

– klo buat brochure skitar 750an keatas, klo client-nya middle.
Corp identity mulai 4jt’an. Poster mulai dari 2.5 ampe 3jt.

– kalo 80 rb bikinnya cuma sejam teru sgak ada revisi yah mungkin masih okelah
Tapi kalo dengan 80 rb masih bawel juga menurut gue jangan diambil jobnya
kalo menurut gue bikin spanduk gotu minimal 250 ampe 500 rb an lah

– logo dan stationery antara 3 – 6 juta brosur antara 450rb ampe 1,5 juta
kalo desain buku gitu kita2 perhalaman gue charge 150 rb ampe 200 rban lah
packaging gue chargenya 750 – 2juta (tapi setahu gue packaging itu banyak
orang bilang harus paling mahal minimal kepala 2)

– anniversary cardnya tergantung halaman charge aja perhalaman 350 rb jadi kalo desainnya lipet2 yah kali 4 aja berarti 1,5 jutaan kira2 notepad kasih aja antara 500 rb ampe 1 juta (kalo desainnya simple mungkin 1 juta agak mahal)

kalo agenda lo mesti charge per halaman khan beda2 tiap halaman)
mousepad sama lah kira2 harganya
kalo stationery (kartu nama, kop surat, amplop) kasih aja 1-2 jutaan)
harga di atas gak termasuk illustrasi dan photography atau stock images
berarti total 5 jutaan kira2 naikkin aja sedikit buat di tawar

– Logo : tergantung deh… untuk komersil minimum 1jt… sampai yg paling tinggi sekitar 25jt (sayangnya gw msh kerja sama orang lain) 😮
Untuk logo non-komersil (misalnya buat teman)… yah 500rb jg dah ok… yg penting gak bawel ajah…

– Leaflet & poster : 750rb s/d 1,5jt

– Labels (food & beverage) : 5 s/d 10jt

– Banners (horizontal, vertical, x-banner, dll) : 750rb s/d 1,2jt

– Standar harga desain yang benar biasanya menggunakan rumus
(10-20% ongkos produksi = biaya desain) alias ongkos produksi+10-20%= biaya keseluruhan

– bikin flyer jg pernah..cuma modal ganti poto doank..gua pasang harga 300rb/flyer..nah ini nih yg kynya agak kemurahan..
jadi merasa rugi 😦 😦 gua dnger2 org ini biasa bikin flyer gt bisa 1,5jt/flyer..
giling..gua pasang harga cuma 1/5 nya..pantes ga pake nawar2 waktu itu.. 😦

– bikin album wedding juga pernah..200rb/album isi 20hlm (10 sheet)

– desain 6 halaman per page @ 250rb apabila 60 halaman kita charge per page @150

Diskusi diatas bukan patokan harga mati tapi setidaknya kita mendapat informasi tambahan “ada juga yang dibayar segitu!”. Dari situ kita bisa memperhitungkan harga desain yang akan kita tetapkan disesuaikan dengan kelas klien (Hi/Mid), tipe klien (rese/santai) dan variabel-variabel lain yang bisa anda ambil untuk menetapkan harga desain anda. Namun hati-hati terjebak antara rasional dengan ekspetasi, harus tetap berprinsip win-win solution agar hubungan anda dan klien tetap terjalin dengan baik.

Bagi para pembaca dimohon komentar dan masukan harga desain yang pernah anda buat dan yang biasa anda tetapkan. Semoga ditempat ini bisa menjadi tempat berbagi informasi harga desain, membantu mereka yang baru memulai karir sebagai desainer dan memberikan pemahaman kepada para calon klien atau perusahaan untuk lebih menghargai desain. Salam.

Donny Rahman | Freelance Designer +622199834319

Kumpulan web desain inspiratif

Proses kreatif bagi para desainer kreatif memang tidak selalu lahir seketika, tak bisa dipungkiri inspirasi desain dari hasil karya desain orang lain. Tapi ingin inspirasi desain itu bukan untuk diplagiat habis, tapi sebatas “inspirasi”. Berikut laman-laman desain grafis menurut saya bisa menjadi sumber inspiraso dalam mendesain :

  1. https://tutsplus.com
  2. https://www.canva.com
  3. 99designs.com
  4. https://www.freepik.com
  5. https://www.fotojet.com
  6. http://www.darkirisdesign.co.uk
  7. https://www.123rf.com
  8. https://designmodo.com
  9. http://govinda.us

 

Cara Mudah Memperbaiki Resolusi Photo Yang Rendah

Ada beragam cara untuk memperbaiki resolusi foto yang rendah, bisa dengan aplikasi photoshop maupun corel photo paint. Secara singkat caranya adalah dengan memperbesar ukuran foto (minimal dua kali lipatnya) dan juga memperbesar resolusi sebelumnya (menjadi 300 dpi ataupun 600 dpi), setelah itu di save. Kemudian kembalikan ukuran fotonya kembali seperti semula.

Ada juga cara lain yang lebih mudah dan hasilnya lebih maksimal, yaitu dengan mengunjungi web asal jepang https://waifu2x.cloud

Bikin Brosur Tapi Tidak Komunikatif & Apik, Kok Bisa… ?

Sebelum kita bahas lebih jauh, 3 hal berikut bisa jadi penyebab  desain Brosur yang sedang Anda desain menjadi tidak komunikatif sekaligus tidak menarik

  1. Semua jenis font masuk
  2. Semua warna ada
  3. Fotonya seabrek

tapi perlu juga di pahami, kadang desain seperti ini tidak sepenuhnya menjadi kesalahan atau kekurangan seorang desainer. Bagaimanapun seorang desainer adalah seorang penjual jasa, pemilik desain adalah customer, Tatkala seorang desainer tidak sreg dengan pekerjaan desain yang tidak keren tapi customer menganggap hal itu keren,  maka seorang desainer mau tak mau harus bersikap legowo,  “customer is owner”.

Beneran Profesi Desainer Grafis Emang Keren

Siapa yang bilang profesi desainer grafis itu asyik ?,  yaa.. mungkin kata para desainer grafis itu sendiri…, Hmmm tapi benarkah ?

Sepertinya justru sebaliknya,  seringkali yang bilang desainer grafis itu keren adalah orang lain (profesi lain) sementara para desainer grafisnya sendiri banyak yang tidak sepakat.

Apalagi kalo dikaitkan dengan income, sebagian desainer grafis justru banyak yang “tidak puas” dengan income yang mereka peroleh lantaran persaingan “harga” jasa desain yang semakin “banting-bantingan” konon khabarnya.

Tak perlu khawatir, sebenarnya bukan cuma profesi desainer grafis yang sedang “down” tapi semua profesi saat ini kondisinya tak jauh beda.

Adakah solusinya ?,

Berikut tips untuk para desainer grafis agar bisa  beneran ngerasain kalo profesi desainer grafis  emang beneran keren :

  1. Terus berkreasi dan berkarya, niscaya Anda akan semakin expert / mahir dan memiliki ciri khas dalam desain Anda, serta Anda akan dapatkan customer yang loyal dan bersedia membayar jasa Anda dengan harga yang pantas.
  2. Selalu ikuti perkembangan desain grafis yang ada, seperti mengikuti kontes-kontes desain baik luar maupun dalam negeri yang biasanya memberikan fee yang memadai.
  3. Buat komunitas sesama profesi agar bisa saling support dalam beragam aspek baik  kreasi maupun motivasi,  sehingga bisa membuat Anda menjadi semakin keren dan beken.
  4. Jangan pernah berhenti belajar dari orang-orang sukses, terutama mereka-mereka yang telah sukses di dunia desain grafis.

 

 

Tips Mendesain Kartu Nama Yang Keren

Kartu nama sepertinya terlihat sepele, apalagi di era digital  sekarang, ngga perlu kasih kartu nama tapi cukup kasih no hp lalu di save… beres.

Eiiit, tapi tunggu dulu, pengalaman di lapangan ternyata kartu nama masih sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terlebih mereka yang memiliki usaha atau bisnis. Bagaimanapun mudahnya & kerennya teknologi di era digital saat ini, bila Anda memberikan kartu nama  saat saling berkenalan tentunya akan memiliki nilai lebih.

Dengan kartu nama, Anda bisa langsung memperkenalkan “siapa” Anda tanpa harus menjelaskan

Perlu diingat juga, tentunya kartu nama yang Anda bagikan bukan sembarang kartu nama, tapi kartu nama dengan desain yang keren.

9 Tips Mendesain Kartu Nama : 

  1. Tercantum nama usaha atau merk dagang yang sedang Anda kelola
  2. Dituliskan secara singkat layanan usaha atau dagangan Anda
  3. Nama & posisi  serta kontak person Anda juga tertulis dengan jelas
  4. Alamat domisili usaha offline dan online Anda juga tercantum
  5. Minimalisir penggunaan foto & image agar keterangan penting yang ada bisa dilihat dengan mudah
  6. Gunakan jenis font & ukuran font yang dapat terlihat secara jelas,
  7. Hindari pengunaan banyak warna dan banyak font serta tulisan yang tidak perlu
  8. Warna teks dan backgrond harus terlihat kontras
  9. Agar “eye cathcing” tambahkan desain dengan sedikit variasi warna yang mencolok.